Jumat, 29 Januari 2016

CARA MEMBUAT MAKALAH



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah diartikan dalam dua hal. Yang pertama adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Yang kedua didefinisikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Makalah merupakan tugas yang biasanya dibuat oleh siswa sekolah maupun mahasiswa dari guru maupun Dosen Perguruan Tinggi. Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan beserta penjelasanya dengan memperhatikan elemen pendukung secara ilmiah.

Mahasiswa atau siswa memang tidak pernah lepas dari tugas untuk membuat makalah dan mempresentasi- kannya di kelas. Bahkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama pun sudah diberikan tugas untuk membuat makalah. Makalah bisa berisi tentang tugas penelitian ilmiah atau pun tugas makalah untuk suatu kegiatan tertentu. Prosedur pembuatan makalah pun harus disusun secara benar agar makalah yang Anda buat menjadi sempurna.

Jika kita ingin melihat lebih dalam arti makalah menurut beberapa ahli maka akan ada semakin banyak definisi. W.J.S Poerwadarminta pada tahun 1994 mengartikan makalah sebagai uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu yang dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.Tanjung dan Ardial juga mengartikan makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai analisis yang logis dan objektif.

Sedangkan Badan Standarisasi Nasional (BSN) menulis bahwa sebuah karya tulis disebut makalah jika memenuhi beberapa syarat berikut; makalah merupakan pemikiran sendiri, belum pernah dipublikasikan, mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah.

Karakteristik sebuah Makalah
1.  Makalah membahas atau menelaah suatu kajian literatur yang sudah ada atau dari laporan pelaksanaan kegiatan lapangan.
2.  Makalah umumnya dibuat untuk dipresentasikan pada suatu seminar, sidang, atau diskusi.
3.  Bagian pokok yang harus ada pada makalah adalah Pendahuluan, Isi, dan Kesimpulan.

Karakteristik sebuah Paper
1.  Paper berupa karya tulis ilmiah yang biasa digunakan untuk mendokumentasikan sebuah penelitian yang baru. Namun tidak menutup susunan paper juga digunakan untuk review penelitian yang sudah ada.
2.  Terdiri dari tiga bagian pokok yaitu Topik, Data, dan Argumen.

Karakteristik sebuah Jurnal Ilmiah
1.  Jurnal Ilmiah berupa media kumpulan karya ilmiah yang diterbitkan setiap kurun waktu tertentu.
2.  Sebelum di publikasikan, Jurnal Ilmiah  harus melewati proses peer-review untuk menyeleksi dan menentukan apakah sebuah paper atau makalah yang di submit ke jurnal tersebut layak diterbitkan atau tidak. Proses peer-review dilakukan oleh satu atau beberapa pemeriksa yang juga merupakan ahli atau akademisi di bidang yang dikaji.

Berdasarkan jenis kajian yang dibahas, Fauzy Ahmad mengkategorikan makalah menjadi 3 jenis yaitu
1.  Makalah Deduktif yaitu makalah yang didasarkan pada kajian teoritis yang relevan dengan permasalahan   yang dibahas
2.  Makalah Induktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif  berdasarkan apa yang diperoleh dari lapangan namun tetap relevan dengan pembahasan
3.  Makalah Campuran yaitu makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian toritis dan data empiris. artinya makalah campuran ini adalah penggabungan antara makalah deduktif dan makalah induktif.

Pada makalah campuran dapat dibagi lagi menjadi 6 jenis:
1.  Makalah Ilmiah - makalah ini biasanya membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif
2.  Makalah Kerja - biasanya makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan seorang penulis makalah tersebut berargumentasi dari permasalahan yang dibahas yang didapatkan dari sebuah proses penelitian dan itu artinya opini yang bersifat subyektif dari penulis lebih memungkinkan pada makalah jenis ini
3.  Makalah Kajian - isi dari makalah ini biasanya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial
4.  Makalah Posisi - istilah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak yang fungsinya sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah
5.  Makalah Analisis - sifat dari makalah ini adalah obyektif-empiris
6.  Makalah Tanggapan - biasanya makalah ini sering dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan

Pada prinsipnya, makalah adalah suatu bentuk kecil dari penulisan karya ilmiah, walaupun di susun sederhana seperti itu, harus tetap memperhatikan elemen­elemen karya ilmiah pada makalah itu sendiri, tanpa itu karya tulis kita tidak bisa disebut Makalah. Dan bentuk elemen dasar sebuah makalah terdiri dari :
1.       Cover ( hardcover maupun softcover) / sampul depan
2.        Halaman Judul
3.       Halaman Pengesahan (bila diperlukan)
4.       Abstrak (bila dianjurkan)
5.       Kata Pengantar / Prakata
6.       Daftar Isi
7.       Bab I : Pendahuluan
8.       Bab II : Isi
9.       Bab III : Pembahasan
10.      Bab IV : Penutup
11.      Daftar Pustaka
12.      Lampiran (bila ada)

Dan penjabarannya sebagai berikut :
1. Cover berisi
      Judul Makalah
      Logo Lembaga/ Institusi atau gambar yang sesuai dengan judul
      Nama Pembuat Makalah
      Nama Lembaga, beserta alamat
      Tahun Akademik.

2. Halaman Judul Makalah
      (disamakan seperti bentuk cover tatapi menghilangakn logo atau gambar)

3. Kata Pengantar / Prakata

Mukadimmah atau pembuka , misalnya ucapan puji dan syukur..... Sekilas mencantumkan judul makalah Ucapan terima kasih kepada pihak­pihak yang dianggap membantu dalam pembuatan makalah tersebut, misalnya atas dukungan moral dan materi yang diberikan, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada : ..... Penutup mukadimmah Misalnya penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun dari rekan­rekan pembaca sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini. (bisa melihat contoh-contoh kata pengantar / prakata yang baik), Tanggal dan nama penulis

      contoh kata pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul "cara membuat makalah yang baik dan benar". Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Bapak/Ibu .................., S.Pd, selaku kepala sekolah belajar menjadi yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.
2. Bapak Suhartono, S.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan motivasi, masukan dan bimbingan kepada penulis.
3. Bapak/Ibu ..................,, S.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, masukan, bimbingan kepada penulis. Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekanrekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

      .................................................................................................................................................................
      .................................................................................................................................................................


                                                                                           Surabaya , 29 Januari 2016
                                                                                                                   Penulis

4. BAB I  Pendahuluan
Dalam bab ini kita menerangkan konsep, rencana, gagasan,seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam Latar Belakang.Tentukan juga Ruang Lingkup penelitian yang akan mencakup proses­proses yang digunakan untuk menuangkan permasalahan. Tambahkan juga Tujuan dan Manfaat dari permasalahan yang sedang dibahas. Susunan bab ini seperti contoh berikut;

Bab 1
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang   
Pada bab pendahuluan yang pertama berisi tentang latar belakang pembuatan makalah. Anda bisa menuliskan tentang latar belakang Anda membuat Makalah ini Berisi tentang alasan pemilihan tema dalam pembuatan paper/makalah.
B.  Rumusan Masalah                 
Rumusan masalah berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengandung masalah. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan rumusan masalah dengan pembuktian teori dari buku-buku dan brosing di internet. Pada intinya pertanyaan-pertanyaan itu tidak langsung bisa dijawab tanpa teori.
C.  Tujuan             
 Pada bagian tujuan ini Anda bisa menuliskan tentang tujuan Anda menulis makalah tersebut dan tujuan menulis tema yang Anda sampaikan dalam makalah.

5. BAB II. LANDASAN TEORI

Dalam bab landasan teori Anda bisa menuliskan tentang teori-teori yang pernah dibahas atau pun dikemukakan oleh para ahli yang menyangkut tema yang Anda tuliskan dalam makalah. Jika teori dikutip dari buku atau pun jurnal, jangan lupa tuliskan nama ahli yang mengemukakan teori tersebut dan juga tahun. Dengan demikian, nara sumber akan menjadi jelas karena jika tidak jelas pasti akan ditanyakan.

Untuk Landasan Teori Makalah berisi tentang pembahasan dan penelitian tentang ilmu ataupun teori yang sudah pernah dibahas oleh para ahli berkaitan dengan tema makalah/paper yang dipilih. Materi yang dibahas secara teoritis dikaitkan dengan aplikasi praktis teori/ilmu tersebut dalam kenyataan kehidupan keseharian.

Untuk menuliskan teori yang diambil dari para ahli jangan lupa mencantumkan nama, tahun atau buku yang pernah memuat teori tersebut. Sehingga sumber/nara sumbernya jelas dan tidak diragukan. Kalau membuat kutipan harap mencantumkan pula halaman di mana kutipan tersebut diambil.

6. BAB III. Pembahasan

Dalam bab pembahasan Anda menuliskan tentang isi dari tema yang disampaikan. Misalnya saja data dari kenyataan yang Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari dan lainnya. Anda juga bisa mengaitkan keadaan yang ditemukan di lingkungan dengan teori yang disampaikan pada bab sebelumnya. Anda juga bisa menyampaikan tentang ide dan juga gagasan

7. BAB IV. PENUTUP

A. Kesimpulan
Tuliskan kesimpulan dari makalah yang Anda buat. Kesimpulan tidak boleh panjang lebar, harus singkat, padat, dan jelas.
B.  SARAN
Saran yang dimaksud adalah Saran dari penulis, dalam hal ini adalah Anda, untuk pembaca makalah dan sebagainya.

8. DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka ini berisi nama­nama literature yang kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah tersebut. Perhatikan tata cara penulisan nama, gelar, jabatan agar tidak mengaburkan pengertian pustaka. Daftar pustakan meliputi jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, interview juga bias dari website internet. Akan tetapi, keberadaan / keabsahan website internet untuk dijadikan referensi karya ilmiah masih menjadi pertentangan di kalangan akademisi Dalam hal ini saya tidak menyarankan untuk mengambil data atau literatur dari website agar dapat menjadi sebuah karya yang benar­benar ilmiah.

9. LAMPIRAN

Untuk Lampiran Makalah berisi seluruh gambar/foto ataupun grafik atau juga data yang mendukung dalam pembuatan makalah. (Lampiran ini tergantung kepada guru atau dosen masing - masing artinya boleh ada dan boleh tidak)

10. Sampul penutup

11. Ketentuan lain yang juga harus diperhatikan;
      Format Ukuran Kertas dan Sampul Pembuatan Makalah
a. Kertas : A4
b. Sampul : Kertas Buffalo warna Kuning
c.   Font : Times New Roman
d. Size : 12
e. Spasi : 1,5
f.   Margin
      •    Atas            : 2 cm
      •    Bawah       : 2 cm
      •    Kiri              : 3 cm
      •    Kanan       : 2 cm

12. Nomor Halaman
-    Letak di kanan atas / bawah
-    Angka i,ii,iii,dst. Mulai dari kata pengantar sampai dengan sebelum Bab Pendahuluan.
-    Angka 1,2,dst. Mulai dari Pendahuluan sampai dengan akhir.


Posting Komentar