Senin, 09 September 2013

Penilaian Hasil Belajar dalam Setting Pendidikan Inklusif

•Mengakomodasi semua anak (tidak diskriminatif) •Sistem sekolah disesuaikan dengan kebutuhan anak •Anak belajar bersama-sama dengan kelompok umur sebaya •Masalah terletak pada sistem bukan pada anak •Setiap anak mendapat keuntungan dari sekolah yang sama •Pembelajaran berlangsung dalam atmosfir yang menyenangkan
Sistem Sekolah yang Diadaptasikan terhadap Anak
•Lingkungan:
   Fisik dan sosial menjadi aksesibel bagi semua anak
•Kurikulum:
   Tujuan, Bahan, strategi dan penilaian hasil belajar (sesuai kebutuhan anak)
•Warga sekolah:
   Guru, Kep.Sek, Siswa, Pegawai, orang tua (sikap dan penerimaan thd perbedaan)

Hasil Belajar:
•Aspek sosial-emosional, fisik-motorik, dan perilaku adaptif (aspek perkembangan individu) •Aspek kompetensi akademik
Dimaksudkan untuk mendapatkan data siapakah anak yang mengalami hambatan belajar (memiliki kebutuhan khusus):
   – Bersifat internal, kebutuhan khusus 
     karena faktor diri anak itu
     sendiri (kecacatan atau keberbakatan)
   – Bersifat eksternal, kebutuhan  khusus akibat
     sistem/lingkungan
Kapan Penilaian (Assessment) Dilakukan
•Sebelum pembelajaran dimulai: untuk mendapatkan data tentang baseline setiap anak sebelum pembelajaran dilakukan •Pada saat pembelajaran berlangsung: untuk melihat apakah anak mengalami hambatan, melihat respon anak thd proses, dan melihat atmosfir kelas (LIRP) •Pada akhir pembelajaran: untuk melihat perkembangan yang terjadi.
Fungsi Penilaian (Assessment)
•Screening & Indentification (penyaringan dan penjaringan) •Child’s Educational Needs exploration (eksplorasi kebutuhan belajar anak) •Intructional Planning (perencanaan pembelajaran) •Evaluation (penilaian hasil)
Screening & Identification (penyaringan dan penjaringan)
Dimaksudkan untuk mendapatkan data siapakah anak yang mengalami hambatan belajar (memiliki kebutuhan khusus):
   – Bersifat internal, kebutuhan khusus 
     karena faktor diri anak itu
     sendiri (kecacatan atau keberbakatan)
   – Bersifat eksternal, kebutuhan  khusus akibat
     sistem/lingkungan
Eksplorasi Kebutuhan Kebutuhan Belajar Anak
Untuk mendapatkan data tentang :
•apa yang sudah dikuasaai anak saat ini •Apa yang menjadi hambatan bagi anak untuk belajar •Apa yang menjadi kebutuhan belajarnya
Penilaian oleh Pemerintah
Ujian Nasional, dilakukan penyesuian dalam : cara dan waktu
•Tidak semua anak diwajibkan untuk mengikuti ujian nasional
Penilaian oleh Pemerintah
Ujian Nasional, dilakukan penyesuian dalam : cara dan waktu
•Tidak semua anak diwajibkan untuk mengikuti ujian nasional 
Untuk mendapatkan data tentang :
apa yang sudah dikuasaai anak saat ini
Apa yang menjadi hambatan bagi anak untuk belajar
Apa yang menjadi kebutuhan belajarnya
Instructional Planning & Evaluation (Perencaan Pembelajaran & Evaluasi) 
Bagaimana mengembangkan rencana pembelajaran yang sesuai untuk melayani semua anak yang beragam (termasuk anak berkebutuhan khusus) dan untuk mengetahui perubahan yang terjadi setelah proses dilakukan
Adaptasi Penilaian
•Adaptasi dalam cara •Adaptasi dalam waktu •Adaptasi dalam isi •Adaptasi dalam cara waktu dan isi
Penilaian Dilakukan Oleh Pendidik
Pendidik : Setiap anak mendapat penilaian ttg aspek sosial-emosional, fisik motorik dan perilaku adaptif dan tentang kompetensi akademik,dengan melakukan adaptasi dalam cara, waktu, isi (salah satu atau  semuanya), dilaporkan bisa secara kuantitaif dan atau deskriptif kualitatif
•Pendidik : Setiap anak mendapat penilaian ttg aspek sosial-emosional, fisik motorik dan perilaku adaptif dan tentang kompetensi akademik,dengan melakukan adaptasi dalam cara, waktu, isi (salah satu atau  semuanya), dilaporkan bisa secara kuantitaif dan atau deskriptif kualitatif.
•Penilaian oleh Satuan Pendid •Dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran (naik kelas/pindah kelas) •Dilaksanakan pada setiap akhir program satuan pendidikan (tamat sekolah/lulus)
Penilaian oleh Pemerintah
Ujian Nasionaldilakukan penyesuian dalam : cara dan waktu
Tidak semua anak diwajibkan untuk mengikuti ujian nasional


Posting Komentar