Sabtu, 31 Agustus 2013

Pembuatan Film Pendek


Banyak cara atau teknik pengambilan gambar yang bisa digunakan dan diterapkan dalam pembuatan film pendek. Misalnya saja, saat shooting, jangan pernah mengandalkan pengaturan posisi standar. Saat ini semua pengambilan gambar untuk film kebanyakan dikerjakan dengan menggunakan kamera digital. Jadi tidak akan sulit untuk memeriksa apakah semua hasil filming sudah memenuhi sarat atau belum dengan melakukan playback. Periksa semua, mulai dari dialog, tata suara, pencahayaan dan lain sebagainya. Apakah sudah sesuai dengan kualitas yang diinginkan atau belum. Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan setelah capturing, bukan pada saat pasca produksi.
Hindari pemakaian soar saat shooting film pendek. Pada dasarnya kameraman yang baik adalah yang bisa mengurangi cruising. Kecuali bisa dilakukan dengan sebaik mungkin. Adapun cara lain untuk mendapatkan gambar lebih dekat ke objek sangat baik menggunakan doll, dan glider kamera.
Adapun hal yang tak kalah penting, adalah menghindari pemakaian efek yang tidak dibutuhkan banyak informasi yang bisa anda ambil dalam Tips Pembuatan Film Pendek. Sebuah film pendek banyak mengandalkan efek-efek seperti; memulai pengambilan gambar film dengan alarm hitungan mundur (ringing noisy alarms), transisi yang berlebihan seperti dissolves/erase, dan credit tittle yang panjang dan berlebihan. Pikirkan dengan baik, apakah hal-hal ini perlu ditampilkan dalam sebuah film pendek atau tidak. Pilihan yang sangat bijak jika semua itu tidak terlalu berlebihan.
Hindari pengambilan gambar pada malam hari di luar ruangang. Kita tahu bahwa suasana gelap adalah musuh utama kamera (video camera). Pengambilan gambar di luar ruang pada malam hari sangat membutuhkan cahaya. Apabila tidak menggunakan lighting effects yang cukup maka hasilnya akan jelek sekali. Meskipun dapat melakukan correction pada saat editing, tapi sudah pasti dapat menyebabkan kualitas gambar menjadi jelek. Paling baik adalah merubah skenario menjadi suasana siang hari. Ini adalah tips menarik yang bisa kita gunakan dalam pembuatan film pendek. Selamat bereksplorasi dengan film pendek.

Posting Komentar