A.IKLAN
Iklan merupakan suatu jenis reklame
untuk menyampaikan sesuatu kepada khalayak (Masyarakat) ramai melalui media
cetak (surat kabar, majalah) atau media elektronik (radio,televise)
Pengertian
Iklan
Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan
bahwa iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk
(mempengaruhi) khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang
ditawarkan, atau pemberitahuan kepada khalayak mengenaii barang atau jasa yang
akan dijual pemasangannya di media massa atau di tempat umum.
Iklan disebut juga reklame. Kata reklame berasal dari
kata re (latin) yang berarti berulang-ulang dan clamare (Latin)
yang berarti berseru atau berteriak. Reklame berarti teriakan
berulang-ulang kepada setiap orang yang membacanya.Sedangkan iklan yang
disampaikan dalam bentuk lembaran-lembaran yang disampaikan melalui kendaraan
disebut selebaran atau pamflet.
1. Iklan keluarga yang memuat berita kelahiran, pernikahan ,kematian, dan
sebagainya.
2. Iklan
pengumuman yang biasanya dibuat oleh
instansi pemerintah.
3. Iklan pasaran
tenaga kerja yang berisi adanya lowongan
kerja atau mencari pekerjaan.
4. Iklan jual-beli atau sewa-menyewa.
5. Iklan penawaran barang yang
menyiarkan barang-barang atau jasa.
6. Iklan layanan
masyarakat yang bertujuan memberikan
penjelasan kepada masyarakat
Contoh ; Bahaya
merokok, KB,dan hemat energi.
7. Iklan
sponsor menawarkan produk-produk baru
Isi Iklan
1.obyektif
dan jujur
2.singkat
dan jelas
Bahasa Iklan
1. menggunakan kata-kata baru/asli
2. ungkapan atau majas yang memikat / sugetif
3. menggunakan kat-kata berkonotasi positif
4. teks iklan
harus langsung menuju sasaran
B POSTER
Poster merupakan suatu jenis reklame
tulisan atau gambar cetak yang biasanya
dipasang di tempat umum. Poster sering dipasang dalam bentuk kain
rentang (spanduk) yang dipasang melintang jalan atau di dinding yang cukup
tinggi sehingga mudah dibaca oleh orang banyak. Poster bisa juga dibuat dalam
kertas ukuran besar. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan bahwa Poster
adalah plakat yang dipasang di tempat umum.
1. Poster niaga
yang berfungsi memperkenalkan barang-barang terbaru.
2. Poster
pendidikan yang berisi masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan
3. Poster
penerangan yang berisi penjelasan dengan tujuan membentuk kesadaran masyarakat
tentang suatu hal yang menyangkut kepentingan bersama.
4. Poster kegiatan
yang berisi pemberitahuan tentang rencana penyelenggaran suatu acara.
Penulisan iklan dan poster hendaknya memenuhi syarat sebagai berikut;
1. Menarik
perhatian.
2. Menimbulkan
minat dan perhatian bagi pembaca.
3. Mengungkapkan
suatu kebenaran.
4. Pendek dan
mudah dipahami.
Untuk menarik
perhatian pembaca,iklan dan poster dapat dilengkapi dengan gambar yang menarik,
serta tulisan yang besar dan mudah dibaca oleh khalayak ramai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar