Kamis, 25 Juli 2013

RPP, Silabus "Kurikulum 2013" SMA Kelas X Terbaru Tahun Pelajaran 2013/2014



Sebelumnya saya pernah berbagi tentang RPP, Silabus SD Berkarakter dan RPP, Silabus Berkarakter SMP. Sekarang saya akan berbagi lagi tentang RPP , Silabus Berkarakter SMA. Ini akan melengkapi posting di blog ini tentang RPP Berkarakter. Asyik toh?!
RPP, Silabus Berkarakter SMA ini saya dapatkan dari salah seorang teman yang mengajar di sebuah sekolah negeri di kabupaten tetangga. Lumayan lah beliau mau berbagi dengan saya. Meskipun awalnya rada' beliau ragu. Mungkin khawatir dokumen KTSP sekolah mereka dicontek oleh sekolah lain. Tapi saya berikan pemahaman bahwa ini juga berbagi secara gratis tanpa ada nilai finansialnya bagi saya. Akhirnya beliau setuju.
RPP Berkarakter SMA memang sedang dicari oleh bapak ibu guru sekalian. Jika saya bertanya pada para pengunjung blog ini, apakah bedanya antara RPP berkarakter dengan RPP sebelumnya? Mungkin ada yang dapat menjawabnya dengan benar, tapi mungkin ada juga yang masih samar-samar. Perbedaan nyata antara RPP berkarakter yang kini sedang marak dengan RPP sebelumnya adalah pada nilai-nilai penanaman karakter kebangsaan. 
Manakah karakter itu? Banyak sekali. Mulai dari kejujuran, disiplin, kerja keras, kerjasama, bertetangga, mandiri, inovatif dan segala macam nilai-nilai karakter ditanamkan bagi siswa. Ini dilakukan dengan membuat perangkat pembelajaran yang secara lugas menuliskan hal tersebut.
Pada RPP sebelumnya, bisa jadi memang guru mata pelajaran menanamkan nilai-nilai dalam pembelajaran, namun itu tidak tersurat. Hanya tampak dalam proses belajar. Yang namanya pendidik yang tugasnya bukan hanya mengajarkan siswa agar cerdas secara intelektual, tapi juga cerdas secara emosional dan spiritual. Nah ... Melalui RPP Berkarakter ini, pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan berharap ada peningkatan karakter siswa.
Yah, semoga saja...
Nah, untuk mendownload file-file berikut ini, bapak ibu guru hanya perlu melakukan klik pada link berikut. Nanti akan ada penjelasan lebih lanjut. Oke. Monggo. Silakan ...


Poskan Komentar