Rabu, 18 November 2020

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1 TAHUN 2019/2020 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) SEMESTER 1

TAHUN 2019/2020 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

SMA KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI

 

A.   TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO)

 

1.  mengidentifikasi isi teks laporan hasil observasi dengan benar.

2.  menentukan gagasan pokok paragraf dengan benar.

3.  menentukan kalimat utama paragraf dengan benar.

4.  menyusun ringkasan isi teks laporan hasil observasi dengan benar.

5.  melengkapi bagian rumpang sesuai struktur teks LHO dengan tepat.

6.  menentukan pasangan kalimat pengklasifikasian yang baik dengan tepat.

7.  menentukan kalimat deskripsi dalam teks LHO dengan tepat.

8.  mengidentifikasi frasa verba atau frasa nomina  dalam teks LHO dengan tepat.

9.   menentukan kalimat simpleks/kompleks  dengan tepat.

10. memperbaiki kesalahan berbahasa dalam teks LHO dengan tepat.

11. menulis teks laporan hasil observasi dalam dua atau tiga paragraf dengan struktur (a) pernyataan umum, (b) deskripsi bagian, dan (c) deskripsi manfaat berdasarkan data-data yang disajikan.

 

B. TEKS EKSPOSISI

1.  mengidentifikasi tesis, argumen, dan rekomendasi/penegasan ulang pendapat dengan tepat.

2.  menentukan kalimat fakta dan opini dalam paragraf dengan tepat.

3.   menentukan kalimat ringkasan isi teks dengan tepat.

4.   menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dengan tepat.

5.   menentukan makna istilah dalam teks eksposisi dengan tepat.

6.   menentukan adjektiva, afiksasi,  atau kalimat verbal dalam teks eksposisi dengan tepat.

7.   menentukan gagasan penjelas yang sesuai dengan tepat.

8.   memperbaiki kesalahan berbahasa dalam teks eksposisi dengan tepat.

9.   menyusun teks eksposisi sepanjang dua atau tiga paragraf dengan struktur  (a) penyampaian pendapat, (b) argumentasi, dan (c) penegasan ulang pendapat dengan tema tertentu.

 

C. TEKS ANEKDOT

1.  mengidentifikasi penyebab kelucuan dengan tepat.

2.  menganalisis kritik yang disampaikan dengan tepat.

3.   menganalisis makna tersirat/pesan yang disampaikan dengan tepat.

4.   membandingkan dua teks anekdot dengan tepat.

5.  mengidentifikasi struktur teks anekdot dengan tepat.

6.  menentukan pihak yang dikritik dengan tepat.

7.  menganalisis unsur kebahasaan teks dengan tepat.

8.   menganalisis unsur kebahasaan teks dengan tepat.

9.   menganalisis unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks anekdot dengan tepat.

 

D. TEKS HIKAYAT

1.  mengidentifikasi isi hikayat dengan tepat.

2.  mengidentifikasi karakteristik hikayat dengan tepat.

3.  mengidentifikasi nilai-nilai hikayat dengan tepat.

4.   menjelaskan kesesuaian nilai-nilai hikayat dengan kehidupan sekarang

5.   menentukan amanat hikayat dengan tepat.

6.  mengidentifikasi karakteristik bahasa hikayat dengan tepat.

7.  membandingkan penggunaan bahasa kedua kutipan dengan tepat.

8.   membandingkan nilai dalam kedua kutipan dengan tepat.

 

9.  menjelaskan pokok isi hikayat, nilai yang terkandung di dalamnya, dan amanat yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.

 

Kisi-Kisi Buku Pengayaan Kelas X

1.   Disajikan kutipan penggalan buku nonfiksi, siswa dapat menentukan pokok masalah yang dibicarakan dengan tepat

2.   Disajikan kutipan penggalan buku nonfiksi, siswa dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi teks dengan tepat.

3.   Disajikan kutipan penggalan buku nonfiksi yang menggunakan istilah, siswa dapat menentukan makna istilah dengan tepat.

4.   Disajikan kutipan penggalan buku nonfiksi, siswa dapat menuliskan ringkasan isi teks dengan tepat.

5.   Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan cara pendeskrepsian watak tokoh dengan tepat.

6.   Disajikan penggalan novel, siswa dapat menunjukkan kalimat yang membuktikan watak tokoh dengan tepat.

7.   Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan nilai cerita dengan tepat.

8.   Disajikan penggalan novel, siswa dapat menentukan amanat cerita dengan tepat.

9.   Disajikan lima paragraf penggalan teks nonfiksi, siswa dapat mengonversi penggalan teks dalam dialog dengan tepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar