Sabtu, 09 Mei 2015

Wisata Alam Jawa Timur

Wisata Alam Jawa Timur 


Wisata Alam Jawa Timur  yang menarik, populer, dan tentunya layak untuk anda kunjungi bersama keluarga sebagai diulas di artikel ini. Wisata Alam Jatim ini bisa menjadi rujukan anda ketika menentukan pilihan berlibur. Kenapa wisata alam menjadi piihan penting ketika menentukan lokasi wisata? karena wisata alam terutama di Jawa Timur memiliki potensi dan kualitas yang gak kalah dengan wisata alam di luar negeri.

Eloknya Coban Putri, Kota Batu

coban putri
Air terjun Coban Putri terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Untuk mencapai air terjun ini lebih mudah dengan menggunakan kendaraan roda dua. Dari pemukiman penduduk terdekat hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer
Biasanya yang datang ke Coban Putri menggunakan sepeda gunung. Coban Putri memang cocok bagi penggemar sepeda gunung, karena medannya tidak terlalu berat. Di samping itu, suasananya sepi dan udaranya masih sangat sejuk.

Kawah Ijen, Danau Sulfur Yang Menawan

wisata-kawah-ijen
Kawah Ijen terletak di kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Untuk menuju ke Kawah Ijen, pengunjung bisa melalui 2 kabupaten tersebut. Dari tempat parkir kendaraan menuju ke puncak Kawah Ijen butuh waktu sekitar 1,5 jam mendaki. Kawah Ijen berupa danau kawah raksasa yang bersifat asam. Luas danau kawah Ijen ini seluas 5466 hektar.

Pantai Papuma Pesisir Jember

papuma
Pantai Papuma atau Pasir Putih Malikan merupakan sebuah pantai yang sangat indah yang berada di kabupaten Jember. Letak pantai ini bersebelahan persis dengan Pantai Watu Ulo namun beda kondisi. Pantai Papuma dengan pasir putih yang bersih sedangkan Watu Ulo memiliki pasir pantai yang berwarna hitam.

Tempat Pariwisata di Jawa Timur yang cocok untuk kalangan remaja dan sagat asik untuk dikunjungi. Selain lokasi pariwisata jawa timur ini pas untuk anak muda tentunya dari segi harga tiket masuk dan akomodasi nya masih terjangkau bagi kalangan anak muda, pegawai muda atau kalangan pelajar dan mahasiswa.

Suroboyo Carnival Night Market Kota Surabaya

Suroboyo Carnival Night Market
Suroboyo Carnival Night Market Kota Surabaya merupakan wahana wisata yang tercetus sebagai konsep dasar mewujudkan Surabaya sebagai kota tujuan wisata yang menarik dan eksotik. Ini adalah sebuah tempat hiburan dan tempat belanja bagi warga kota Surabaya dan sekitarnya di malam hari, nikmati suasana malam yang berbeda hanya di Suroboyo Carnival Night Market.
Harga tiket masuk untuk Suroboyo Carnival Night Market ini dipatok Rp. 20.000,- & tiket terusan adalah Rp. 150.000,- juga ada tiket terusan Kids Kingdom sebesar Rp. 75.000,-.

Ranu Kombolo, Panorama Swiss ala Jawa Timur

ranu-kumbolo-2
Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare. Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Meskipun gratis tapi kamu perlu tenaga ekstra untuk pergi kesana, dan butuh kesehatan prima.

Pemandian Cangar Hangatnya Air dan Sejuknya Udara Kota Batu

pemandian-air-panas-cangar2
Pemandian air panas Cangar merupakan salah satu objek wisata di wilayah Kota Wisata Batu, berjarak kurang lebih 18 km dari pusat kota. Tempat ini terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di dusun Cangar, Sumber Brantas, Bumiaji, Batu. Objek wisata yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) R. Soerjo ini memang cukup ramai, khususnya pada hari libur atau akhir minggu.

Jatim Park 1, Ajang Hangout Anak Muda Jawa Timur

jatim park 1
Jawa Timur Park merupakan obyek wisata dengan konsep dasar yang memadukan secara serasi pendidikan dan pariwisata dimana anda bisa bermain dan belajar sekaligus dalam satu tempat dan waktu.
Pada wahana-wahana lain yang akan semakin membentangkan cakrawal pengetahuan bagi siapa saja yang datang berkunjung. Mulai dari Wahana Galeri Etnik Nusantara dan Anjungan Jawa Timur yang akan membawa anda kelorong waktu, berpindah dari satu tempat ke tempat lain di Nusantara dan menjelajahi ragam budaya Indonesia.

Paralayang Gunung Banyak, Pacu Adrenalin Mudamu

paralayang kota batu
Wisata Paralayang Gunung Batu di kota Batu adalah salah satu pilihan favorit para turis penikmat keindahan alam. Berada di ketinggian Kota Batu, lokasi wisata Paralayang Gunung Batu ini dengan mudah bisa dijangkau baik menggunakan mobil maupun sepeda motor. 
Dalam olahraga Paralayang Gunung Batu, keselamatan adalah hal paling utama yang harus senantiasa diperhatikan. Bagi Anda yang belum menguasai olahraga ini secara mandiri, disediakan partner yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi sebagai atlit paralayang untuk melayani tandem.

Namun sebelum merencakan liburan, ada baik nya bila Anda membaca ulasan singkat kami tentang 7 Destinasi Wisata Menarik di Kota Batu dan Sekitarnya, Hal ini akan menghemat waktu untuk Anda menentukan lokasi lokasi wisata yang bisa Anda lakukan.

Menantang “Maut” Lewat Wisata Paralayang

paralayang-malang-750x562
Paralayang termasuk salah satu cabang olahraga ekstrem, itu kenapa wisata ini bisa juga disebut sebagai wisata menantang “maut”. Tapi bagi kamu adrenaline junkietentunya berada di ketinggian sambil melihat panorama alam bukanlah hal yang menakutkan kan? Maka dari itu sayang banget dong kalau kamu sudah ada di Malang dan melewatkan terbang tinggi di langit Kota Apel tersebut. Untuk bisa merasakan serunya berdansa dengan ketinggian ini kamu bisa mendatangi salah satu penyedia jasa paralayang yang terpusat di daerah Batu atau di Gunung Banyak.

Coban Rondo Yang Menawan

coban-rondo-750x562
Mungkin bagi kamu yang sudah pernah jalan-jalan di Malang nama Coban Rondobukanlah nama yang asing lagi. Ya Coban Rondo merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di sana. Coban Rondo sendiri memiliki arti tersendiri dalam bahasa Jawa. Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun dan Rondo berarti Janda. Kalau menurut sejarahnya sih goa ini ada karena kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma.
Suaminya tersebut konon tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang naksir berat sama Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun sang suami menyembunyikan si istri dari Joko Lelono dan sejak saat itu pula diduga air terjun tersebut mulai ada. Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke air terjun cantik ini silahkan datang ke Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, sekitar 12 KM dari Kota Batu.

Sejarah Otomotif yang Tak Akan Terasa Membosankan di Museum Angkut

museum-angkut-malang-750x499
Hal yang lebih keren lagi adalah di museum angkut tersebut ada juga loh mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno, presiden pertama Indonesia. Meskipun harus merogoh kocek agak dalam karena harga tiket masuknya yang lumayan mahal (Rp.50.000 untuk weekdays dan Rp.75.000 untuk weekend) tapi kepuasan berkunjung ke museum tersebut dijamin sesuai. Jangan lupa berfoto bersama ribuan koleksi superclassy di di sana ya Gak perlu bingung mikirin bagaimana caranya bisa sampai di museum tersebut karena lokasi museum terletak di daerah Kota Batu sehingga kamu bisa dengan mudah menemukannya.
Wisata yang satu ini wajib Anda kunjungi bila datang ke Kota Batu

Inggil Museum Resto

inggil-resto-750x562
Dari namanya saja kalian mungkin sudah bisa menebak kira-kira kaya apa sih isi dari museum ini. Ya Inggil Museum Resto ini memang museum yang di dalamnya juga menyediakan restauran. Jadi kalau kamu kelaparan tapi juga masih pengen pergi ke objek wisata jangan khawatir karena di resto ini kamu bisa makan sambil melihat berbagai koleksi benda antik bernuansa Jawa. Mulai dari berbagai jam weker lintas generasi, mesin jahit yang udah renta, radio tua, koleksi uang kuno, bahkan sampai alat pengering rambut dari Belanda yang berusia 84 tahun, wow!
Kalau untuk menu makanan, di restauran ini sudah pasti menjagokan menu-menu khas Jawa Timur yang super maknyus seperti: , nasi jagung, rawon buntut, pecel terong, dan lain sebagainya. Oh ya resto ini terletak di Malang kota loh, jadi gampang kan untuk kamu mendatangi museum resto ini

Wisata Rakyat di Alun-Alun Kota Batu

alun alun kota batu
Kota Batu serius membenahi potensi wisatanya. Buktinya mereka menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang di alun-alunnya terdapat feris wheel atau bianglala. Selain itu di alun-alun ini juga terdapat playground anak-anak, ruang informasi berbentuk strawberry, serta patung bentuk apel yang menjadi icon dari Kota Malang sendiri. Kerennya kamu gak perlu mengeluarkan uang seperak pun untuk bisa menikmati keseruan di alun-alun Kota Batu. Hanya saja kalau mau naik bianglala ya tetap bayar

Kecantikan 7 Air Terjun Sumber Pitu

air-tuju-750x562
Satu air terjun aja sudah keren kan? Bisa bayangin gak kalau ada 7? Ya untuk bisa menikmati keindahan tujuh air terjun sekaligus sangat mungkin jika kamu pergi ke Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang. Jadi menurut cerita masyarakat setempat ada 7 sumber mata air berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu tersebut.
Wisata air terjun ini dinilai memiliki nilai magis, maka tidak heran jika beberapa warga dari luar desa sering melakukan ritual dengan membawa air dari tempat tersebut karena dipercaya sebagai air suci. Tapi di luar kemagisan yang dipercaya oleh masyarakat setempat, air terjun sumber pitu adalah objek wisata yang memiliki kecantikan luar biasa.

Keindahan Malam di Batu Night Spectacular

bns-750x498
Batu Night Spectacular (BNS) adalah salah satu taman rekreasi yang sangat terkenal di Kota Batu, Malang. Alasannya apalagi kalau bukan karena kekerenan taman rekreasi ini terutama jika kamu mengujunginya pada malam hari. Berbagai wahana menari seperti sepeda terbang (dari sini kamu bisa menikmati city light Kota Malang), tampan lampion yang romantis banget, trampolin, dan masih banyak lagi.
Selain berbagai wahana menarik tersebut pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh di night market yang ada di sepanjang jalan menuju pintu keluar. Tersedia juga food court yang siap melayani pengunjung yang kelaparan setelah bermain di BNS. Harga tiket masuk BNS Rp.20.000 untuk weekdays dan Rp.25.000 saat weekend. Namun jika ingin menikmati berbagai wahana akan dipungut biaya lagi yang berkisar antara Rp.10.000-Rp.15.000 tergantung dari jenis wahannya

Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen adalah kawah danau terbesar di pulau Jawa. Pesona tempat wisata diJawa Timur yang satu ini adalah pada danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire). Anda dapat menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh.
Untuk mencapai kawah, Anda harus mendaki setinggi 3 km, ini akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kemiringan pendakian adalah 25-35 derajat. Rasa lelah mendaki akan terbayar lunas tatkala mendapati pesona indah blue fire di salah satu tempat wisata di Banyuwangi nan memikat ini.

Pantai Plengkung di Banyuwangi

Reputasi Pantai Plengkung sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Timur telah mendunia. Berjuluk “The Seven Giant Waves Wonder”, pantai ini begitu disukai para peselancar mancanegara memiliki tujuh gulungan ombak hingga setinggi 6 meter.
Pantai di Banyuwangi ini adalah pantai yang terkenal sebagai tempat surfing di Jawa Timur. Banyak wisatawan asing dari Bali berkunjung ke pantai Plengkung ini dengan tujuan menaklukkan gelombangnya yang ganas. Pantai ini adalah bagian dari Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Tanah yang berwarna merah, bentuknya menyerupai sebuah bukit kecil, terletak tak jauh dari bibir pantai yang memiliki pasir putih sepanjang 3 km, inilah sebab mengapa tempat wisata Jawa Timur yang satu ini dinamakan sebagai Pantai Pulau Merah. Inilah salah satu pesona yang dimiliki pantai di Banyuwangi.
Selain Plengkung, pantai ini juga adalah tempat surfing yang menarik di Banyuwangi. Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian gelombang hingga 4-5 meter, sebuah tempat berselancar di Banyuwangi yang menarik bagi para pemula hingga pro. Panorama sunset yang memikat juga dapat Anda rasakan dipantai Jawa Timur yang satu ini.

Pantai Klayar di Pacitan

Terletak di Kecamatan Donorojo, Pacitan, Pantai Klayar adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang ramai dikunjungi wisatawan. Pesona pantai ini ada pada hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami setinggi 10 meter.
Objek wisata Pacitan yang satu ini dikenal sebagai salah satu destinasi liburan yang menarik. Pantai Klayar diapit oleh tebing-tebing yang tinggi dan tersedia menara pandang bagi Anda yang ingin menikmati panorama eksotiknya. Anda akan menjumpai banyak karang dan batuan gunung di pantai ini. Anda dapat bermain-main di air laut, namun tidak untuk berenang.

Gua Gong di Pacitan

Goa Gong terletak di Desa Bomo, sebuah gua yang indah dan cukup dalam diantara gugusan gua-gua yang berada di di sekitarnya. Goa ini adalah salah satu yang terkenal dari sejumlah tempat wisata di Pacitan. Selain keindahan bentuk stalaktit dan stalagmitnya, keunikan Gua Gong juga adalah karena stalaktit dan stalakmit tertentu dapat berbunyi seperti gong ketika dipukul.
Dari sinilah gua ini mendapatkan namanya. Konon, dulu gua ini dianggap angker karena sering terdengar suara gamelan, termasuk bunyi suara gong dari dalam gua. Gua Gong merupakan gua horizontal, artinya bahwa untuk menelusurinya tidak memerlukan peralatan dan keahlian khusus.
Fasilitas yang dibangun memberi kemudahan akses bagi pengunjung untuk mengeksplorasi tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini. Gua Gong hanya memiliki satu akses pintu masuk sekaligus pintu keluar. Inilah alasan Goa Gong dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik di Pacitan.
Pulau Sempu di Malang
Pulau Sempu di Malang ini memiliki daya tarik utama nan memikat, yakni Laguna Segara Anakan, sebuah pantai di dalam pulau dengan hamparan pasir putih dan memiliki luas 4 ha. Air di laguna ini adalah air laut yang dipisahkan oleh bebatuan karang.
Salah satu objek wisata di Jawa Timur ini sesungguhnya adalah kawasan konservasi, bukan sebuah destinasi wisata. Inilah sebab mengapa Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari instansi yang berwenang untuk dapat tiba di Pulau Sempu ini. Melakukan trekking penjelajahan di kawasan Pulau Sempu adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan, selain itu Anda dapat berkemah di sana dengan suguhan suasana private nan intim di tengah-tengah alam.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Malang

Inilah kawasan gunung berapi terbesar di Jawa Timur, mencakup area seluas 800 km persegi. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah kawasan konversi, memiliki keunikan berupa lautan pasir seluas 5.250 hektar, berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut.
Banyak hal memikat yang dapat Anda peroleh dari kawasan tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal ini. Di antaranya, pergi ke Cemorolawang untuk melihat dari kejauhan hamparan lautan pasir dan kawah Bromo serta tempat berkemah. Atau, mengarungi laut pasir Tengger dengan berkuda, bisa juga menyewa jeep untuk menjelajahi lautan pasir.
Di Pananjakan, Anda akan disuguhi panorama alam gunung Bromo, gunung Batok, dan gunung Semeru yang sungguh memikat hati, di Pananjakan ini pula panorama sunset dan sunrise paling memikat dapat Anda temui.

Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur

gunung bromo
Siapa yang kenal objek wisata yang satu ini. Gunung Bromo terletak di 4 kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang. Untuk menuju ke Gunung Bromo bisa melalui 3 jalur yaitu Pasuruan, Probolinggo dan Malang, namun jalur yang paling sering digunakan adalah lewat Probolinggo. Wisata Gunung Bromo menawarkan keindahan alam luar biasa dengan deretan gunung-gunung seperti Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru.
Jika suka, Anda dapat pergi menjumpai danau-danau yang sangat dingin dan selalu berkabut, danau ini sering digunakan sebagai tempat transit pendaki Gunung Semeru. Selain itu, masih ada Ranu Darungan, sebuah tempat berkemah serta kegiatan pengamatan satwa/tumbuhan dan panorama alam yang menawan.

Arung Jeram Pekalen di Probolinggo

Sungai Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Inilah tempat di mana Anda dapat menjajal adrenalin dan mentang arus deras sungai Pekalen. Terletak sekitar 25 km dari kota Probolinggo, Arung Jeram Pekalen adalah sebuah objek wisata di Probolinggo yang populer, menyuguhkan Anda tantangan yang berpadu dengan keindahan alam yang menawan.
Di sepanjang perjalanan mengarungi sungai ini, Anda akan menyaksikan keindahan 7 air terjun dan goa-goa kelelawar yang sesekali memekik beterbangan. Bebatuan sungai yang yang alami serta airnya yang jernih terasa sungguh menyegarkan tatkala menyiram tubuh. Beberapa operator arung jeram di Pekalen menawarkan paket arung jeram keluarga, dimana anda dapat membawa serta Anak Anda walau masih berumur 6 tahun.

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Masyarakat lokal meyakini Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhir Mahapatih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit. Konon, sumber kekuatan sang patih yang luar biasa berasal dari dalam gua di dekat Air Terjun Madakaripura. Di sanalah Gadjah Mada sering datang untuk bermeditasi.
Air terjun yang menjulang tinggi ini dijuluki air terjun abadi karena tidak pernah berhenti mencurahkan tirai air halus serupa curahan hujan bagi orang-orang yang dapat melintas di bawahnya. Air Terjun Madakaripura terkesan mistis, namun akan memberi suguhan yang memukau bagi siapa saja yang melihatnya. Masuklah ke dalam “ruang” berketinggian 200 meter tersebut, saksikan pesona sinar matahari yang menyorot lumut hijau basah di dinding berbatu disertai suara gemuruh air.

Pantai Bandealit di Jember

Pantai Bandealit adalah bagian dari Taman Nasional Meru Betiri, sebuah destinasi wisata di Jember yang populer. Menyusuri sungai menggunakan speedboat, berkano, atau melihat burung yang banyak hidup di kawasan taman nasional adalah beberapa kegiatan wisata yang menarik yang dapat Anda lakukan.
Melakukan olahraga air seperti body surfing di pantai Jember ini adalah salah satu yang diminati banyak wisatawan, Anda dapat menyewa perlengkapan yang telah disediakan oleh pihak pengelola pantai.
House Of Sampoerna di Surabaya
House Of Sampoerna adalah sebuah museum di Surabaya, berdiri megah di kompleks bangunan bergaya kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1862, merupakan situs bersejarah yang dilestarikan serta tempat wisata di Surabayayang menarik untuk dikunjungi.
Di masa awalnya, bangunan ini digunakan sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda, pada tahun 1932 kompleks ini dibeli oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, untuk dijadikan pabrik rokok Sampoerna yang pertama. Hingga sekarang, kompleks ini masih berfungsi sebagai pabrik untuk memproduksi rokok.
Jawa Timur Park di Malang
Terletak di daerah Kota Wisata Batu di Malang, Jawa Timur Park adalah tempat wisata di Jawa Timur yang populer di kalangan wisatawan. Anda dapat pergi ke Jatim Park 1, sebuah tempat wisata di Malang yang mengusung konsep taman bermain dan belajar serta dikelilingi hawa pegunungan yang begitu segar. Tersedia berbagai wahana permainan di tempat ini.
Sementara itu, Jatim Park 2 menyuguhkan Anda hiburan kebun binatang yang menarik, dengan ketersediaan rute-rute mengelilingi Secret Zoo untuk menyaksikan berbagai binatang yang lucu dan menghibur.
Gunung Kelud di Kediri
Daya tarik utama tempat wisata Jawa Timur yang satu ini adalah pada kubah lava. Para pecinta gunung akan suka datang ke objek wisata Kediri ini. Tersedia jalur setapak bagi Anda yang ingin melakukan pendakian ke puncak Gunung Kelud.
Anda dapat menikmati sejumlah kegiatan yang menarik di kawasan wisata Gunung Kelud di Kediri ini, di antaranya adalah flying fox, mandi air panas, serta panjat tebing.

Air Terjun Madakaripura

Menurut kitab Negarakertagama, kawasan Madakaripura adalah pemberian Raja Hayam Wuruk kepada Gadjah Mada. Saat Anda memasuki lokasi air terjun, terlihatlah patung mahapatih legendaris dari Kerajaan Majapahit tersebut.
Kearifan lokal di sana menyebutkan bahwa Gadjah Mada menjadikan Air Terjun Madakaripura sebagai tempat meditasi terakhirnya. Menurut keyakinan Jawa kuno, di sinilah Gadjah Mada mencapai moksa, yaitu menghilang dari muka bumi secara fisik dan spiritual. Tidak heran bila masih banyak orang datang ke lokasi air terjun ini untuk bermeditasi atau bertirakat, khususnya pada malam tangga 1 Syuro atau malam tahun baru penanggalan Jawa.
Sejauh mata memandang horizon di sana, Air Terjun Madakaripura laksana tersimpan dalam tabung kokoh berketinggian 200 meter. Suasana alami dan sejuk ditambah lumut-lumut basah yang tumbuh di dinding lembab membawa sebuah kesan mistis, terutama bagi mereka yang mengetahui latar belakang air terjun ini.
Menyaksikan keindahan panorama serta mengabadikan momen dengan kamera adalah cara terbaik untuk menikmati pesona Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terus-menerus mengalirkan curah air bepadu indah dengan lumut berkilauan akibat terkena sinar matahari. Tatkala Anda menengadahkan kepala ke arah langit, Anda dapat meresapi pesona indah yang dimilikinya.
Bermain-main air di tempat curahan air terjun ini adalah kegiatan lain yang populer dilakukan para penikmat perjalanan di kawasan wisata Air Terjun Madakaripura. Anda dapat merasakan sejuk dan dinginnya air yang sungguh menyegarkan.
Jangan lupa juga membawa bekal makanan saat berada di lokasi air terjun. Anda dapat menjumpai dengan mudah orang yang berjualan makanan dan minuman di sekitar kawasan Air Terjun Madakaripura.

Rute Perjalanan ke Air Terjun Madakaripura

Perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura dapat ditempuh melalui jalur Surabaya. Tetapi agar lebih mudah, Anda sebaiknya menyewa mobil di Malang atau Surabaya. Bila tidak ingin repot, Anda dapat mengambil paket wisata ke Gunung Bromo yang juga memasukkan destinasi Air Terjun Madakaripura di dalamnya.
Perjalanan dari kota Surabaya menuju Probolinggo memakan waktu kurang lebih 3 jam, Anda akan melewati rute Sidoarjo – Porong – Pasuruan – Probolinggo.
Sesampainya di Probolinggo, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke sebuah daerah bernama Tongas. Di sana, Anda akan menjumpai sebuah pertigaan dengan patokan tugu kecil di tengahnya. Ada penunjuk arah ke lokasi Air Terjun Madakaripura dan Gunung Bromo. Dari sana, perjalanan masih akan berlangsung sekitar 30 menit sebelum penunjuk arah berikutnya terlihat. Anda hanya perlu mengikuti penunjuk jalan tersebut hingga sampai di lokasi.
Air terjun Jawa Timur yang satu ini dijuluki dengan “air terjun abadi” mengingat curahan airnya tak pernah berhenti mengalir. Air Terjun Madakaripura masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru. Secara administratif, lokasi air terjun berada dalam wilayah Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.
Keberadaan air terjun terbilang cukup dekat dengan Gunung Bromo. Dengan demikian, Anda yang melakukan pendakian di Gunung Bromo dapat menyempatkan diri datang untuk menyaksikan pesonanya. Letak Air Terjun Madakaripura berada di kaki salah satu bukit di Pegunungan Tengger. Air terjun ini berada pada ceruk dan dikelillingi bukit.
Alamat Air Terjun Madakaripura: Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
Peta lokasiklik di sini
Koordinat GPS: -7.855,113.007142