Jumat, 13 Juni 2014

Majalah Sekolah

      Membuat atau menyusun majalah sekolah tidak semudah yang siswa pikirkan atau bayangkan, sebuah majalah sekolah harus sesuai dengan misi dan fisi sekolah. Majalah sekolah diterbitkan tidak untuk gengsi semata tetapi harus disesuaikan isinya, karena majalah ini hanya diperuntukan lingkungan sendiri.
      Percuma saja majalah sekolah dibuat dengan susah payah dan dengan anggaran yang besar tetapi tidak ada gunanya bagi warga sekolah, dengan kata lain setelah dibuka dan dilihat-lihat setelah itu tidak ada informasi yang berkesan di hati pembacanya.
      Majalah sekolah dari siswa untuk siswa bukan dari redaksi sekolah untuk siswa. Pernyataan tersebut tersirat tentang isi majalah yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Susunlah dengan rapi sesuai strukturnya dan berilah ilustrasi yang terbaik, hindari berlebihan memberi gambar atau foto dan ornament- ornament lain yang tidak penting.
      Tetapi siswa jangan takut salah dan berkecil hati terus belajar menggali informasi dan minta bimbingan dari siapapun yang berkompeten dibidang ini, selalu perhitungkan segala saran yang diperoleh dan selalu terbuka menerima masukan serta hindari sifat egois dalam anggota redaksi.
      Mengingat bahwa ide dan keinginan siswa dalam menyusun sebuah majalah itu bisa begitu banyak macamnya, maka sejak awal pembentukan anggota, masing-masing siswa harus memahami bahwa konsep majalah sekolah kami hanya terdiri dari beberapa Rubrik.
      Sebelum dikirim kepercetakan periksakn pada team editing atau ke pembina redaksi sehingga nantinya tidak ada yang saling menyalahkan atau disalahkan tentang kesalahan isi atau penempatan rubric yang dimuat.
      Dari tulisan yang berupa berita atauartikel yang harus dipersiapkan sendiri oleh para siswa (meski para guru bisa turut ambil bagian juga). Sejak awal siswa harus memahami bahwa semua artikel yang boleh masuk dalam majalah sekolah bukanlah karya copy paste dari portal-portal berita atau majalah yang banyak tersebar di internet, namun semua tulisan sedapatnya adalah karya mereka sendiri.Seandainya jika memang harus mengambil referensi dari buku atau sumber lainnya, maka siswa wajib mencantumkan sumber asal penulisan artikelnya. Dan yang terpenting dari artikel tersebut aktual.
      Berdasarkan ke-tiga garis besar kategori rubrik itu, masing-masing dapat dikembangkan sejauh tidak keluar dari jalur yang sudah ditetapkan, yaitu :
1.     Rubrikinformasi : yang termasuk dalam kategori ini adalah berita, resensi (buku dan film), feature, travelling, dan profil. Rubrik resensi bisa terdiri dari dua materi, buku dan film. Pilihan judul biasanya dirapatkan dulu sebelumnya. Hanya judul film dan buku yang sudah ditonton atau dibaca saja yang boleh dibuat resensinya. Untuk rubrik travelling, siswa harus menulis sendiri pengalaman jalan-jalannya, termasuk menunjukkan spot yang direkomendasikan untuk diketahui pembaca. 


 rubrik kunjungan  berdasar pengalaman siswa (dok.DH)

2.     Rubrikopini : yang termasuk didalamnya adalah artikel yang mengupas berbagai bidang seperti teknologi, life style, dan berbagai artikel dalam bidang ilmu sosial dan sains.




3.    Rubrik  hiburan : termasuk sastra (cerita pendek,anekdot,pantun), karikatur, puisi, kutipan, aneka        tips, permainan, komik, photo kegiatan dan lain-lain.













Download Blackberry Messenger (BBM) Untuk PC

Jangan takut kehabisan bahan
      Sesungguhnya ada begitu banyak materi yang bisa diangkat untuk masuk dalam rubrikasi majalah sekolah. Biasanya saat jumlah halaman masih tersisa satu dua, kami mulai mendiskusikan kembali tambahan halaman apa yang kira-kira menarik untuk ditayangkan. Jika jumlah artikel sudah memenuhi standar yang sudah ditetapkan, maka untuk halaman tambahan bisa mencari berbagai hal yang unik yang dapat ditemukan di sekolah. Hal unik itu bisa tentang siswa, guru, atau tentang lingkungan sekolah itu sendiri.
      Satu contoh, pernah kami membuat halaman tentang isi tas guru berikut foto-fotonya. Atau di kesempatan lain kami pernah mengulas tentang bagian ruangan atau tempat-tempat lain di sekolah yang difavoritkan para guru dan siswa. Pernah juga kami mengulik isi jok sepeda motor guru, dan lain sebagainya. Semakin unik informasi yang disampaikan, akan semakin menambah daya tarik majalah yang diedarkan. Jenis tulisan yang ringan sifatnya (soft news) ini akan membuat bobot majalah semakin berimbang dengan artikel-artikel berwawasan lainnya.
      Intinya dalam mengasuh tim majalah sekolah, berperanlah seperti seseorang yang sedang bermain layang-layang. Ada kalanya benang ditarik kencang, ada waktunya juga benang layang-layang itu dikendurkan. Bekerja bersama anak-anak remaja sebaiknya memang harus demokratis. Tidak terlalu kaku sehingga memadamkan kreatifitas, tidak juga terlalu longgar sehingga siswa kelewat batas atau bahkan sebaliknya, bekerja asal jadi saja. Siswa harus memahami setiap tugas dan tanggungjawabnya. Jika koordinasi antar-siswa dan siswa-pembina berjalan baik, maka seluruh proses mulai pengumpulan berita, penyusunan desainnya, tata letaknya, tipografinya, hingga proses penerbitannya kelak akan berjalan dengan baik pula.

Pengertian Rubrik
      Rubrik adalah kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maupun majalah. Rubrik dalam surat kabar
misalnya tajuk rencana, surat pembaca, atau dongeng anak. Selain dalam surat kabar, opini, profil rubrik juga dimuat dalam majalah. Misalnya rubrik pengetahuan, arena kecil, atau apa kabar kawan.
Isi rubrik ada yang secara jelas ditampilkan oleh penulis (tersurat) dan ada yang tidak secara jelas ditampilkan oleh penulis (tersirat). Isi rubrik merupakan pokok masalah yang dibicarakan dalam rubrik. Rubrik memuat isi dan pesan yang ingin disampaikanpenulis kepada pembaca. Isi rubrik merupakan hal pokok yang dibahas dalam rubrik. Sementara itu pesan rubrik merupakan anjuran atau nasihat penulis yang terdapat dalam rubrik yang ditujukan kepada pembaca.

1.      Rubrik Suara siswa
2.      Rubrik Profil (kepala sekolah/guru) hasil dari poling
3.      Rubrik Opini (ekstrakurikuler,pendidikan lanjutan,
4.      Rubrik Sastra (cerpen,
5.      Rubrik Pengetahuan (teknologi baru;HP,pesawat,robot,laptop,android,ramalan bintang.dll)
6.      Rubrik lingkungan
7.      Rubrik Tips/kiat/cara
8.      Rubrik karikatur
9.      Rubrik Sains.
10.  Rubrik Prestasi
11.  Rubrik  kreativitas
12.  Rubrik agama (Ruang agama ulasan Peringatan hari besar sesuai dengan waktu)
13.  Ruang ucapan
14.  Ruang sponsor
15.  Ruang informasi/pengumuman/agenda sekolah

Download Smadav 9.7

Saat ini tersedia Smadav Revisi Terbaru, yaitu Smadav 9.7, ini merupakan revisi terbaru saat ini. Smadav 2014 Rev. 9.7 diupdate pada tanggal 12 Maret 2014 (belum ada update terbaru lainnya), informasi update terbaru, silakan lihat di Smadav Terbaru.
Silakan klik salah satu link atau tombol download yang tersedia di bawah ini untuk mendownload Smadav.
  • Download Smadav
  • Download Smadav 9.6
Agar proses download dapat berlangsung dengan cepat, gunakan Download Manager seperti: IDM (Internet Download Manager).