Membuat atau menyusun majalah sekolah
tidak semudah yang siswa pikirkan atau bayangkan, sebuah majalah sekolah harus
sesuai dengan misi dan fisi sekolah. Majalah sekolah diterbitkan tidak untuk
gengsi semata tetapi harus disesuaikan isinya, karena majalah ini hanya
diperuntukan lingkungan sendiri.
Percuma saja majalah sekolah dibuat dengan
susah payah dan dengan anggaran yang besar tetapi tidak ada gunanya bagi warga
sekolah, dengan kata lain setelah dibuka dan dilihat-lihat setelah itu tidak
ada informasi yang berkesan di hati pembacanya.
Majalah sekolah dari siswa untuk siswa
bukan dari redaksi sekolah untuk siswa. Pernyataan tersebut tersirat tentang
isi majalah yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Susunlah dengan rapi sesuai
strukturnya dan berilah ilustrasi yang terbaik, hindari berlebihan memberi
gambar atau foto dan ornament- ornament lain yang tidak penting.
Tetapi siswa jangan takut salah dan berkecil
hati terus belajar menggali informasi dan minta bimbingan dari siapapun yang
berkompeten dibidang ini, selalu perhitungkan segala saran yang diperoleh dan selalu
terbuka menerima masukan serta hindari sifat egois dalam anggota redaksi.
Mengingat bahwa ide dan keinginan siswa
dalam menyusun sebuah majalah itu bisa begitu banyak macamnya, maka sejak awal
pembentukan anggota, masing-masing siswa harus memahami bahwa konsep majalah
sekolah kami hanya terdiri dari beberapa Rubrik.
Sebelum dikirim kepercetakan periksakn
pada team editing atau ke pembina redaksi sehingga nantinya tidak ada yang
saling menyalahkan atau disalahkan tentang kesalahan isi atau penempatan rubric
yang dimuat.
Dari tulisan yang berupa berita atau artikel yang harus dipersiapkan sendiri oleh para siswa (meski para guru bisa
turut ambil bagian juga). Sejak awal siswa harus memahami bahwa semua artikel
yang boleh masuk dalam majalah sekolah bukanlah karya copy paste dari
portal-portal berita atau majalah yang banyak tersebar di internet, namun semua
tulisan sedapatnya adalah karya mereka sendiri.Seandainya jika memang harus
mengambil referensi dari buku atau sumber lainnya, maka siswa wajib
mencantumkan sumber asal penulisan artikelnya. Dan yang terpenting dari artikel
tersebut aktual.
Berdasarkan ke-tiga garis besar kategori rubrik itu,
masing-masing dapat dikembangkan sejauh tidak keluar dari jalur yang sudah
ditetapkan, yaitu :
1. Rubrik informasi : yang termasuk dalam kategori ini adalah berita, resensi (buku dan
film), feature, travelling, dan profil. Rubrik resensi bisa terdiri dari dua
materi, buku dan film. Pilihan judul biasanya dirapatkan dulu sebelumnya. Hanya
judul film dan buku yang sudah ditonton atau dibaca saja yang boleh dibuat
resensinya. Untuk rubrik travelling, siswa harus menulis sendiri pengalaman
jalan-jalannya, termasuk menunjukkan spot yang direkomendasikan untuk diketahui
pembaca.
rubrik kunjungan berdasar pengalaman siswa (dok.DH)
2. Rubrik opini : yang termasuk didalamnya adalah artikel yang mengupas berbagai bidang
seperti teknologi, life style, dan berbagai artikel dalam bidang ilmu sosial
dan sains.
3. Rubrik hiburan : termasuk sastra (cerita pendek,anekdot,pantun), karikatur, puisi, kutipan, aneka tips, permainan, komik, photo kegiatan dan lain-lain.
Download Blackberry
Messenger (BBM) Untuk PC
Jangan takut kehabisan
bahan
Sesungguhnya ada
begitu banyak materi yang bisa diangkat untuk masuk dalam rubrikasi majalah
sekolah. Biasanya saat jumlah halaman masih tersisa satu dua, kami mulai
mendiskusikan kembali tambahan halaman apa yang kira-kira menarik untuk
ditayangkan. Jika jumlah artikel sudah memenuhi standar yang sudah ditetapkan,
maka untuk halaman tambahan bisa mencari berbagai hal yang unik yang dapat
ditemukan di sekolah. Hal unik itu bisa tentang siswa, guru, atau tentang
lingkungan sekolah itu sendiri.
Satu contoh,
pernah kami membuat halaman tentang isi tas guru berikut foto-fotonya. Atau di
kesempatan lain kami pernah mengulas tentang bagian ruangan atau tempat-tempat
lain di sekolah yang difavoritkan para guru dan siswa. Pernah juga kami
mengulik isi jok sepeda motor guru, dan lain sebagainya. Semakin unik informasi
yang disampaikan, akan semakin menambah daya tarik majalah yang diedarkan.
Jenis tulisan yang ringan sifatnya (soft news) ini akan membuat bobot majalah
semakin berimbang dengan artikel-artikel berwawasan lainnya.
Intinya dalam
mengasuh tim majalah sekolah, berperanlah seperti seseorang yang sedang bermain
layang-layang. Ada
kalanya benang ditarik kencang, ada waktunya juga benang layang-layang itu
dikendurkan. Bekerja bersama anak-anak remaja sebaiknya memang harus
demokratis. Tidak terlalu kaku sehingga memadamkan kreatifitas, tidak juga
terlalu longgar sehingga siswa kelewat batas atau bahkan sebaliknya, bekerja
asal jadi saja. Siswa harus memahami setiap tugas dan tanggungjawabnya. Jika
koordinasi antar-siswa dan siswa-pembina berjalan baik, maka seluruh proses
mulai pengumpulan berita, penyusunan desainnya, tata letaknya, tipografinya,
hingga proses penerbitannya kelak akan berjalan dengan baik pula.
Pengertian Rubrik
Rubrik adalah
kepala karangan (ruang tetap) dalam media cetak baik surat kabar maupun majalah. Rubrik dalam surat kabar
misalnya tajuk rencana, surat pembaca, atau dongeng anak. Selain
dalam surat
kabar, opini, profil rubrik juga dimuat dalam majalah. Misalnya rubrik
pengetahuan, arena kecil, atau apa kabar kawan.
Isi rubrik ada yang secara jelas ditampilkan oleh penulis
(tersurat) dan ada yang tidak secara jelas ditampilkan oleh penulis (tersirat).
Isi rubrik merupakan pokok masalah yang dibicarakan dalam rubrik. Rubrik memuat
isi dan pesan yang ingin disampaikanpenulis kepada pembaca. Isi rubrik
merupakan hal pokok yang dibahas dalam rubrik. Sementara itu pesan rubrik
merupakan anjuran atau nasihat penulis yang terdapat dalam rubrik yang
ditujukan kepada pembaca.
1.
Rubrik Suara siswa
2.
Rubrik Profil (kepala sekolah/guru) hasil dari poling
3.
Rubrik Opini (ekstrakurikuler,pendidikan lanjutan,
4.
Rubrik Sastra (cerpen,
5.
Rubrik Pengetahuan (teknologi baru;HP,pesawat,robot,laptop,android,ramalan
bintang.dll)
6.
Rubrik lingkungan
7.
Rubrik Tips/kiat/cara
8.
Rubrik karikatur
9.
Rubrik Sains.
10.
Rubrik Prestasi
11.
Rubrik kreativitas
12.
Rubrik agama (Ruang agama ulasan Peringatan hari besar sesuai
dengan waktu)
13.
Ruang ucapan
14.
Ruang sponsor
15.
Ruang informasi/pengumuman/agenda sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar