Sabtu, 24 Agustus 2013

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF,INDUKTIF DAN CAMPURAN



Sebelum kita berbicara tentang macam paragraf, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui apakah paragraf itu, paragraf adalah kumpulan dari beberapa kalimat, paragraf juga biasa disebut dengan alenia, satu kalimat biasanya diakhiri oleh tanda titik, pada sebuah paragraf terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas, kalimat utama seringkali disebut dengan gagasan utama, gagasan pokok atau kalimat inti maksudnya adalah suatu kalimat yang mendasari atau menjadi pokok pembicaraan dalam sebuah paragraf.  sedangkan kalimatpenjelas adalah kalimat yang menjelaskan kalimat utama.

contoh:
kalimat utama : Saya sangat mengemari berbagai macam olahraga.
kalimat penjelas: olahraga yang saya sukai antara lain voli, basket, futsal dan beladiri.

adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di awal paragraf


adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di akhir paragraf

adalah paragraf yang kalimat utamanya ada diawal dan diakhir paragraf, biasanya kalimat utama diawal dan diakhir maksud isinya adalah sama.

catatan: kalimat utama tidak ada ditengah paragraf, dan kalimat utama pada paragraf induktif dan campuran biasanya ditandai oleh kata hubung jadi, maka, olehkarena itu, oleh sebab itu, dengan demikian dan lainya.

Bacalah paragraf berikut ini kemudian jelaskan bentuk tiap paragraf dan sebutkan kalimat utama tiap paragraf.

1.      Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya . Contohnya di pulau Sumatra yang terdiri dari suku batak, suku minang , suku aceh, suku melayu dan lain-lain yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Bukan hanya dipulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa, Kalimantan, dan juga pulau-pulau lainnya juga terdapat macam-macam suku dengan kebudayaannya.

2.      Selain kaya akan budaya , Indonesia juga memiliki lahan pertanian yang subur yang banyak menghasikkan rempah-rempah , bahan pangan , bahkan juga buah-buahan. Dari segi barang tambang , Indonesia juga sangat potensial, terbukti Indonesia salah satu Negara di Asia yang meng ekspor minyak bumi, batu bara, dan barang tambang lainnya. Maka tidak salah kalau dikatakan Indonesia adalah Negara yang kaya.


3.      Saat ini Indonesia sedang berusaha membangkitkan perekonomiannya. Banyak usaha yang dilakukan, mulai dari menekan jumlah barang import yang mengalahkan pemakaian barang lokal. Pemerintah juga meluaskan lapangan pekerjaan, agar sumber daya manusia (SDM) dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan Negara. Bagia pelaku korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang sangat merugikan perekonomian Negara tentunya akan diberikan sanksi tegas. Karna yang kita ketahui Indonesia terpuruk akibat KKN yang terjadi di segala institusi. Oleh karena itu, dengan usaha yang dilakukan sekarang diharapkan Indonesia dapat membangkitkan perekonomiannya.

4.      Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingginya kolesterol merupakan faktor resiko yang paling besar seseorang untuk menderita penyakit jantung kororner. Sebenarnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kolesterol, tetapi yang dianggap paling besar perannya dalam masalah tersebut adalah tingginya konsumsi lemak serta kandungan konsumsi asam lemaknya. Dalam hal ini, minyak goreng merupakan sumber utama lemak yang tidak baik. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.


5.      Chairil Anwar terkenal sebagai penyair. Ia disebut penyair yang membawa pembaharuan dalam puisi. Ada yang mengatakan dia sebagai seorang individualis. Ada yang menilai bahwa ia seorang yang kurang bermoral dan plagiat karena ada sebagian kecil dalam gubahannya merupakan jiplakan dari puisi asing. Dalam sajak-sajaknya yang dikumpulkan dalam "Deru Campur Debu" memperlihatkan adanya perbedaan bentuk, corak, gaya, dan isi. Tanggapan orang terhadap Chairil berbeda-beda. Namun, bagaimanapun ia tetap seorang penyair besar yang membawa kesegaran baru dalam bidang puisi pada 1945.

6.      Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.
7.      Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar dari kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional

8.      Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional. Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar dari kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku.


9.      Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN). Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, maka sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN.


10.  Kecelakaan kendaraan bermotor akhir-akhir ini sering sekali terjadi dan banyak merenggut banyak nyawa bahkan menurut ditlantas kejadian kecelakaan tahun ini mencapai dua kali lipatnya dari tahun sebelumnya dan seringkali kecelakaan tersebut dialami oleh motor,mungkin karena kelebihan beban atau kurang berhati-hati dijalan.Namun kecelakaan tersebut bukan saja karena kesalahan manusia banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan dijalan raya misalnya saja jalan yang rusak, tidak dilengkapi dengan lampu jalan dan banyak faktor lainnya.Oleh karena itu, kita sebagai pengguna jalan harus berhati-hati setiap saat, dan jaga kesehatan kita jika ingin melakukan perjalan jauh.


catatan: kalimat utama ditandai oleh huruf bold sehingga anda dapat menerka jenis paragraf tersebut


Posting Komentar