Minggu, 21 Juli 2013

Klasifikasi Kata Berdasarkan Bentuk Kata

Klasifikasi Kata Berdasarkan Bentuk Kata

       Dari segi bentuknya, kata dapat dibedakan atas empat macam, yaitu (1) Kata Dasar  (2) Kata Turunan  (3) Kata Ulang (4) Kata Majemuk

1.    Kata Dasar
      
       Kata dasar adalah kata yang tidak berimbuhan atau yang belum diberikan awalan, akhiran, sisipan, dan penggabungan awalan akhiran.
       Kata-kata seperti baik, getar, kerja, sakit, gunung disebut sebagai kata dasar karena kata-kata itu tidak berimbuhan atau belum diberi imbuhan. Jika katakata itu diberi imbuhan, hasilnya antara lain terbaik, getaran, pekerja, kesakitan,dan pegunungan. Jika sudah mengalami penambahan atau pengimbuhan,kata tersebut sudah dikategorikan ke dalam kata turunan.

2.    Kata Turunan
       Sebuah kata dapat menyampaikan beberapa pengertian melalui bentukan-bentukannya. Dari satu kata pula, kita dapat membuat atau mengembangkannya menjadi beberapa kata turunan. Dari kata turunan tersebut, kita dapat mengungkapkan satu bahkan beberapa ide/perasaan. Pemekaran kata dengan memberi imbuhan itu pun akan membuat katakata tersebut mengalami perubahan jenis atau kelas katanya. Coba Anda amati kata satu termasuk kata bilangan/numeralia yang berarti “bilangan asli pertama”. Kata satu diberi awalan ber- menjadi bersatu. Kata tersebut mengalami perubahan arti, meskipun masih memiliki arti dasar yang tetap,yaitu “satu”, bersatu artinya berkumpul atau bergabung menjadi satu. Kata bersatu bukan merupakan kelas kata bilangan lagi, tetapi termasuk kelas kata kerja.
Bagaimana pengimbuhannya?
Anda telah melihat bahwa dari satu kata (misalnya satu) dapat kita bentuk belasan kata turunannya. Bentuk berimbuhan tersebut menunjukkan pertalian yang teratur antara bentuk dan maknanya. Hal ini dapat berlaku pula pada kata-kata yang lainnya. Perhatikan tabel berikut dengan cermat.


Kata Asal
Verba
Pelaku
Proses
Hal/Tempat
Perbuatan
Hasil
Asuh
pengasuh
pengasuhan
-
mengasuh
asuhan
baca
pembaca
pembacaan
-
membaca
bacaan
Bangun
pembangun
pembangunan
-
membangun
bangunan
Buat
pembuat
pembuatan
perbuatan
membuat
buatan
Cetak
pencetak
Pencetakan
percetakan
mencetak
cetakan
Edar
pengedar
pengedaran
pengedaran
mengedar
edaran
Potong
pemotong
pemotongan
perpotongan
Memotong
potongan
Sapu
penyapu
Penyapuan
persapuan
menyapu
sapuan
Tulis
penulis
penulisan
-
menulis
tulisan
Ukir
pengukir
pengukiran
-
mengukir
ukiran
impor
pengimpor
pengimporan
-
mengimpor
imporan
Posting Komentar