Jumat, 12 Juli 2013

Ingin Flashdiskmu Berbicara Saat Dicolokkan

Ingin  Flashdiskmu Berbicara Saat Dicolokkan

wow

hai, hai, hai . . .
barusan saya iseng searching di google, dan nemu sebuah artikel aneh, "Membuat flashdisk bisa berbicara" sayapun tertarik untuk melihat script yg digunakan. 
dan ternyata format sciptnya adalah sapi.spvoice.
SAPI.SpVoice adalah object yang menjalankan Microsoft text-to-speech voice ketika diinstansiasi dengan method CreateObject. Microsoft text-to-speech voice ini lah yang fungsinya mensintesis teks menjadi suara.  

Nah, buat yang penasaran, gimana cara memaksa flashdisk agar bisa berbiacara, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar :

Pertama, Anda buat terlebih dahulu file yg berupa kata-kata yang akan dibaca waktu flashdisk Anda dicolokkan ke Komputer. Caranya Copy script ini ke notepad.

Dim speaks, speech


speaks="selamat datang di blog petrus andre"


Set speech=CreateObject("sapi.spvoice")


speech.Speak speaks



2. Kedua, genti text yang berwarna biru selamat datang di blog petrus andre dengan kata-kata mu.

3. Ketiga. save di flashdisk Anda dengan eksistenti *.vbs (ex: suara.vbs) dan pastikan pilih "All Files" pada save as type.





4. Ke 4, buat autorun, copy script di bawah ini ke notepad.



[autorun]
open=suara.vbs
icon=suara.vbs




5. Ke 5, save di flashdisk dengan nama autorun dan ekstensi *.inf (autorun.inf). Jangan lupa pastikan pilih "All Files" pada Save as type.

6. Lalu cabut flashdisk Anda dan silahkan dengarkan hasilnya. smile

Note:


Kalo tidak berjalan di komputer Anda, sebaiknya Anda coba convert "suara.vbs" menjadi "suara.exe" dengan software Convert.exe yang bisa langsung Anda Download DISINI
Posting Komentar