Rabu, 23 Oktober 2013

Pengertian dan Contoh Visi dan Misi Organisasi

visi









Syarat-syarat berdirinya sebuahOrganisasi dan salah satunya adalah Visi & Misi nah kali ini saya mau share tentang Pengertian dan contoh Visi & Misi, semoga coretan ini bermanfaat buat temen-temen semua yang membutuhkan buat tugas ataupun yang hanya sekedar ingin tau, di bawah ini mungkin sedikit penjelasan tentang Pengertian dan contoh Visi Misi, monggo dibaca… :)

Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan – tujuan Organisasi dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi:
- Berorientasi ke depan
- Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini
- Mengekspresikan kreatifitas
- Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat

Pengertian Misi
Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh suatu Organisasi untuk mewujudkan Visi. Misi Organisasi adalah tujuan dan alasan mengapa organisasi itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan.
Berikut adalah contoh visi dan misi organisasi yang sedang saya geluti saat ini :
Visi dan Misi BEM  STMIK PRANATA INDONESIA BANJARBARU
 Visi
Sebagai wadah pemersatu dan penyalur bakat dan wahana untuk mempersiapkan insan mahasiswa yang mandiri, aspiratif, berkualitas, independent serta berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Misi
1.       Memperjuangkan hak-hak mahasiswa
2.       Mempersatukan seluruh mahasiswa
3.       Menyalurkan bakat dan kreatifitas mahasiswa
4.       Menemukan dan mengembangkan penemuan baru
5.       Melaksanakan program yang dapat mengupgread soft dan hard skill mahasiswa.

Perbedaan Visi dan Misi

Suatu organisasi pasti memiliki visi dan misi. Tidak jarang kita temui di suatu ruang kerja terdapat pajangan visi dan misi yang di bingkai rapi. Di sekolah-sekolah juga biasa terpampang visi dan misi di gerbang supaya mudah dibaca. Visi dan misi menunjukan gambaran kemana suatu organisasi akan diarahkan dan hasil apa yang ingin dicapai.


Karena sifatnya yang universal tidak hanya suatu organisasi seperti perusahaan, sekolah, koperasi, LSM tetapi individu juga perlu memiliki visi dan misi.




Perbedaan antara visi dan misi


Visi adalah “what be believe we can be”

Visi merupakan gambaran masa depan mau jadi apa lembaga kita. Menentukan visi berarti menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai




Dalam menentukan visi hendaknya memenuhi persyaratan:

- Tidak berdasarkan kondisi saat ini

- Berorientasi ke depan

- Mengekspresikan kreatifitas
- Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat




Misi adalah  “what be believe we can do”

Misi adalah apa yang bisa dilakukan untuk mencapai gambaran masa depan (visi). Misi merupakan langkah-langkah dan strategi apa untuk mencapai visi kita.



Kadangkala misi perlu dirubah sedemikian rupa apabila visi belum tercapai. Jadi bukan visinya yang dirubah hanya cara-caranya mencapai tujuan yang dirubah. Apabila visi berubah-ubah maka akan terkesan tidak konsisten gambaran masa depan tentang organisasi tersebut.

Contoh visi dan misi


Visi

Menjadi sekolah Internasional yang berwawasan Ilmu pengetahuan dan teknologi dengan Mengedepankan Iman dan takwa dengan lingkungan sehat, menyenangkan, demokratis dan mampu memberikan kontribusi penting terhadap masyarakat luas.

Misi

- Menumbuhkan kegemaran dan kebiasaan membaca, menulis dan berkarya

- Memotivasi peserta didik untuk untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif, aktif, kreatif, kritis dan menyenangkan

- Menumbukah sikap bertanggung jawab terhadap peraturan sekolah, agama, hukum serta norma-norma dan nilai yang berlaku di masyarakat
- Menciptakan lingkungan belajar yang berwawasan IPTEKS dan IMTAK

- Menyiapkan peserta didik untuk menjadi pribadi yang mandiri, memiliki kreatifitas, bertanggung jawab dan berani mengembangkan potensi diri.



Langkah Perumusan Visi – Misi


Visi-misi organisasi merupakan perumusan pandangan organisasi untuk mencapai maksud dan tujuan yang menjadi bidang garapannya, sementara visi-misi individu pemimpin merupakan perumusan langkah-langkah dan pandangan dari pemimpin itu untuk mewujudkan tercapainya visi misi organisasi.
Pada pelaksanaanya, tak sedikit organisasi ataupun orang perseorangan kebingungan dalam perumusan dari visi-misi yang seharusnya dirumuskan sebelum suatu organisasi terbentuk atau sebelum seseorang didaulat ataupun diangkat menjadi seorang pemimpin. Jika sudah demikian, biasanya arah organisasi atau pemimpin yang tidak merumuskan visi misi dari awal, menjadikan organisasi berjalan apa adanya dan tidak ada arah yang jelas kemana organisasi akan berlabuh mencapai tujuannya. Oleh karenanya, visi-misi menjadi sesuatu yang mutlak ada dan dikuasai oleh elemen organisasi, dan yang terpenting adalah dikuasai oleh pimpinannya, karena visi-misi ini merupakan perumusan atas segala rencana/planning yang merupakan langkah pertama yang harus ditempuh dalam prinsip-prinsip manajemen. Tanpa perencanaan yang baik, segala sesuatu tentunya tak akan menghasilkan sesuatu sesuai harapan.
Pada artikel ini sini saya ingin mencoba menyumbangkan pemikiran perihal langkah-langkah dalam perumusan visi-misi di atas, yang tujuannya adalah memberikan gambaran kepada Anda yang mungkin saja sedang mencari inspirasi rumus untuk membuat sebuah visi misi. Untuk itu, terlebih dahulu saya akan memberi ulasan apa itu visi dan apa itu misi dan sekaligus memberikan contoh kasusnya.
Visi adalah pandangan umum organisasi/pemimpin terhadap cita-cita yang ingin dicapai yang dirumuskan melalui kalimat tegas dan efektif, namun cukup mewakili atas keinginan atau cita-cita organisasi yang ingin diwujudkan.
Sedangkan Misi adalah tujuan khusus organisasi/pemimpin terhadap cita-cita yang ingin dicapai dari visi yang telah dirumuskan. Dan biasanya dirumuskan melalui kalimat yang menegaskan beberapa item.
Langkah-langkah yang dapat kita tempuh untuk membuat sebuah visi-misi yang efektif adalah terlebih dahulu harus membuat perumusan masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi, dan mempersempit masalah tersebut yang sekiranya akan difokuskan untuk ditangani dan menjadi maksud, tujuan dan cita-cita dari organisasi.
Contoh kasus, ada sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. Jika kita lihat bidang garapan organisasi tersebut, maka kita bisa memulai merumuskan masalah visi-misi tersebut dengan terlebih dahulu menjawab beberapa pertanyaan :
  1. Kenapa harus sosial kemanusiaan?
  2. Siapa sasarannya?
  3. Apa manfaatnya?
  4. Siapa saja yang terlibat?
Dari kasus perumusan masalah di atas, kemungkinan pertanyaannya adalah demikian :
  1. Karena peranan sosial tidak bisa dilepaskan dalam menangani masalah-masalah kemanusiaan
  2. Orang-orang yang menyandang masalah sosial
  3. Memberikan bantuan dan jaminan sosial kepada orang-orang yang menyandang masalah sosial
  4. Pemerintah, sektor swasta yang terkait dengan masalah sosial.
Sebetulnya tidak bisa kita berhenti sampai di sana untuk merumuskan visi-misi yang efektif, karena harus lebih dispesifikkan lagi tentang masalah-masalah kemanusiaan, masalah sosial, dan orang-orang penyandang masalah sosial di atas, karena luasnya masalah tersebut akan mengkaburkan perbedaan dari tiap masalah.
Jika kita mau, kita bisa lagi membuat rumusan permasalahan baru yang lebih spesifik dan mengkerucut untuk menjadi fokus penyelesaian masalah:
  1. Apa saja masalah kemanusiaan itu?
  2. Apa saja masalah kemanusiaan yang menyangkut masalah sosial itu?
  3. Apa saja yang disebut dengan penyandang masalah sosial itu?
Semakin tajam kita menganalisa permasalahan, maka semakin cerdas dan efektiv visi yang dapat kita buat,  sedangkan semakin banyak perumusan masalah yang dapat kita buat, maka semakin tajam pula misi yang dapat dirumuskan, karena dari sekian banyak pertanyaan yang muncul dari perumusan masalah di atas, tentunya hanya akan dipilih dan difokuskan pada masalah-masalah yang dapat dijawab dan sekiranya dapat diwujudkan oleh organisasi tersebut, karena menurut saya, misi yang dibuat tentunya harus menjawab perumusan masalah yang pada kesimpulannya akan selektif untuk dirumuskan menjadi misi organisasi.
Jadi menurut saya, perumusan visi-misi yang baik haruslah melalui tahapan perumusan permasalahan yang ada dan ingin dipecahkan oleh organisasi atau seseorang yang akan memimpin organisasi tersebut. Tanpa ada perumusan masalah, pembuatan visi-misi bisa saja menyimpang dari cita-cita organisasi yang sesungguhnya. Intinya, pimpinan yang handal adalah pimpinan yang mengetahui dan memahami persis permasalahan dan cita-cita organisasinya.
Jika Anda mempunyai pemikiran lain, saya akan sangat berbangga sekali jika anda mau bertukar pikiran dalam blog ini.

A. VISI DAN MISI
1. Tentang Visi
Visi adalah angan-angan atau imajinasi seseorang tentang usaha atau bisnis atau diri mereka suatu saat nanti. Visi membicarakan hal-hal tersebut :
a. Wawasan tolak ukur pertumbuhan bisnis
b. Sosok Anda atau Usaha anda di masa depan
c. Bentuk Usaha anda akan sebesar apa
d. Alasan anda memasuki usaha di bidang tersebut.
e. Imajinasi mengenai posisi usaha anda.

Jadi Visi adalah sebuah tujuan, keinginan, atau angan-angan masa depan usaha yang anda bangun. Oleh karena itu,Visi idel bersifat :
a. Sederhana (Simple)
b. Terukur (Measureable)
c. Terjangkau (Reachable)
d. Beralasan (Reasonable)
e. Ambisius
f. Periode Waktu (Time Frame)
g. Strategis (Strategic)
h. Ada Kejelasan antara masa sekarang dan akan datang
i. Prespektif ke masa depan
j. Komunikatif

Cara Merumuskan VIsi adalah :
a. Perhatikan dan pelajari pebisnis sukses merumuskan visi nya
b. Usaha apa yang Anda lakukan saat ini?
c. Mengapa anda mendirikan usaha tersebut?
d. Akan dibawa kemana bisnis anda nantinya
e. Bayangkan bisnis anda ke depan (5-20 tahun mendatang)
f. Bagaimana perkembangan usaha anda nantinya?
g. Barang dan jasa apa yang akan anda jual sekarang dan nanti?
h. apa cita-cita dan tujuan masa depan pemilik usaha,rekan bisnis anda?
i. nilai-nilai dasar,aspirasi dan presepsi seperti apa yg akan anda perjuangkan nantinya?
Jika anda dapat menjawab,merumuskan, dan meringkas dengan baik berarti anda telah membuat sebuah visi bisnis.

2. Tentang Misi
secara sederhana, misi adalah bagaimana cara anda mewujudkan sebuah visi. Dalam misi selalu terkandung hal-hal tersebut :
a. Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi (goal)
b. Tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan
c. Alasan bisnis anda harus berkembang
d. Cara mewujudkan tujuan anda

Jadi, misi adalah usaha,pemikiran, dan langkah-langkah formal untuk mewujudkan sebuah visi.
Unsur pokok sebuah misi adalah :
a. Kiat dan usaha mewujudkan visi
b. Nilai-nilai dasar organisasi
c. Segmen pasar dan pelanggan
d. Pernyataan tentang produk/jasa yg dijual
e. Keyakinan yang kuat
f. Pernyataan strategis

Misi akan efektif bila :
a. Ringkas dan Jelas
b. Unik
c. Fleksibel
d. Bisa membantu untuk mengambil keputusan
e. Budaya dan perusahaan
f. Memberi inspirasi

B. PERAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN
Kepemimpinan mempunyai peran yang sangat penting dalam merumuskan visi dan misi usaha. Seorang pemimpin merumuskan visi,misi,strategi dan nilai perusahaan atau bisnis. Sedangkan manajemen yang dipimpin oleh manajer adalah individu,departemen,atau kelompok yang membuat perencanaan program,taktik,dll untuk mewujudkan visi misi strategi yang sudah ditetapkan pemimpin.

C. LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN VISI MISI USAHA
a. Melakukan riset
b. melakukan wawancara mengenai kebutuhan yang ada tetapi belum terpenuhi
c. mengumpulkan data pasar
d. merumuskan susunan data dengan mencari tren dan perbedaan
e. merumuskan visi misi
f. mengkomunikasikan anggota organisasi melalui seminar,workshop,dll
g. melakukan perbaikan visi misi berdasarkan saran dan kritik anggota
h. perhatikan aspek analisa SWOT (Strengths,Weaknesses,Opportunities,Threats)



disari dari berbagai sumber